wahyusuwarsi.com

LOMBA BLOG GANDJEL REL

 MENGAPA MALES NGEBLOG?

Dunia tulis menulis bagi saya adalah dunia yang baru. Ya, saya memang penulis pemula. Awalnya saya mulai menulis di blog pribadi saya, belum lama sih ... baru 6 bulan ini saya mulai ngeblog dan menulis.

Banyak sekali keuntungan yang saya dapat setelah terjun di dunia tulis menulis dan dunia blog ini, antara lain menambah wawasan dan menambah teman. Yah walaupun di dunia blogger masih harus banyak belajar.

Dari menulis itulah kita harus sering-sering menambah wawasan dengan cara banyak membaca, searching di internet, nonton film atau masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk mencari ide.

Sebagai newbie di dunia blogger tentunya saya juga ingin menambah teman dan wawasan yang mempunyai hobby yang sama. Karena itulah saya bergabung dengan komunitas blogger perempuan di Semarang  yaitu Gandjel Rel. O ya, awalnya saya masuk komunitas Gandjel Rel ini diajak mbak Tanti salah satu teman yang aktif di Gandjel Rel juga.

Teman-teman di Gandjel Rel sangat baik dan tidak pelit berbagi ilmu pada saya yang masih benar-benar mulai dari nol di dunia blog.

Banyak juga kegiatan disini yang digawangi oleh mbak Unik, mbak Rahmi dan mbak Dewi Rika dan beberapa orang yang lain. Kegiatan yang rutin adalah blog walking yang diadakan seminggu sekali. Jadi mau tidak mau kita harus mengirim 1 tulisan blog untuk dikomentari teman-teman.

Tetapi ada kalanya kita kehabisan ide atau merasa bingung nih mau nulis apa di blog kita. Pasti teman-teman juga pernah mengalami hal yang sama seperti saya ini, merasa nggak ada ide dan hampir 2 minggu lebih nggak nulis. Dan ujung-ujungnya kalau kelamaan nggak nulis akhirnya jadi males dan tidak produktif. Waduuh ... sayang sekali kalau ini sampai terjadi.

Lantas ... kalau kita dihinggapi virus "males ngeblog" apa yang harus dilakukan?

Biasanya kalau saya mulai terserang virus "males ngeblog" ada beberapa hal yang saya lakukan antara lain:

*Pergi ke toko buku atau baca-baca beberapa buku untuk mencari ide.

*Refreshing pergi ke tempat-tempat yang menarik. Nggak perlu jauh-jauh ke luar kota, di dalam kota pun banyak tempat-tempat menarik. Karena saya juga suka fotography, jadi sekalian saya mencari obyek foto yang bagus. Kalau di Semarang ya mungkin kita bisa ke Kota Lama, Sam Poo Kong atau Vihara Budhagaya. Boleh juga kalau ada waktu yang memungkinkan kita bisa mlipir keluar Semarang sebentar (Bandungan, Kopeng, Tuntang), toh disana banyak obyek menarik yang bisa berubah jadi ide.

*Boleh juga kita mampir ke cafe atau tempat makan yang instagramable. Jadi bisa dapat 3 keuntungan sekaligus ... dapat ide, dapat obyek foto dan perut kenyang tentu saja. Kita bisa mereview cafe tersebut atau mereview makanan di sana sebagai bahan tulisan di blog kita.

Nah, beberapa tips tersebut mungkin bisa menjadi solusi bagi teman-teman disaat males ngeblog. Niscaya setelah kita resfreshing sejenak dan dapat ide, kita akan merindukan menulis lagi, merindukan ngeblog lagi.

Ngeblog ben rak ngganjel.

Bravo Gandjel Rel, semoga semakin sukses dan semakin maju.

#469 kata


Mencari ide di Sam Poo Kong

2 komentar